TUGAS 1 (ETIKA PROFESI)

   1.      Tuliskan karakter-karakter tidak ber-ETIKA menurut kalian dalam kehidupan sehari-hari (beri 5 contoh dan analisa)!
Jawab :
A.    PENDUSTA
Karakter ini tidak beretika karena seseorang yang memiliki sifat pendusta seringkali membohongi banyak orang di sekitarnya. contoh : membohongi teman sekelas.
B.     SOMBONG
Seseorang dengan karakter sombong cenderung menganggap dirinya lebih baik dari pada orang lain. Contoh : Berkata dia pandai segalanya padahal dia tidak bisa melakukannya.
C.     IRI
Seseorang yang memiliki karakter iri biasanya tidak suka jika seseorang lebih baik atau lebih sukses darinya. Contoh : Iri melihat tetangga memiliki mobil baru.
D.    PROVOKATOR
Karakter ini sering mempengaruhi seseorang untuk berbuat anarkis, menghancurkan lawan, biasanya provokator memanfaatkan seseorang untuk menjatuhkan lawan. Contoh : Menghasut teman untuk menghancurkan musuh kita.
E.     PENGHIANAT
Karakter ini tidak setia terhadap seseorang, cenderung lebih sering menyakiti seseorang. Karakter penghiatan jika berteman dengan seseorang biasanya hanya memanfaatkan kebaikan seseorang dan jika seseorang tersebut dianggapnya tidak memiliki apa yang dia inginkan maka dia berpaling kepada orang lain. Contoh : Meninggalkan seseorang karena dia mendapatkan seseorang lebih baik.

   2.      Tuliskan aktivitas tidak beretika professional dalam bekerja sebagai seorang sarjana Teknik Industri (beri 5 contoh dan analisa)!
A.    Tidak Tanggung Jawab Terhadap Pekerjaannya
Dalam bekerja seharusnya bertanggung jawab atas tugas dan jabatannya, tanggung jawab tersebut sebagai bentuk pekerja yang memiliki etika dalam bekerja. Contoh : Pulang dari kantor padahal banyak pekerjaan dan belum waktu pulang kantor.
B.     Korupsi
Sebagai seorang sarjana teknik industri dan lainnya aktivitas ini sebaiknya tidak untuk dilakukan, karena tindakan korupsi akan merugikan banyak pihak.
C.     Menyalahgunakan Jabatan
Jabatan yang diterima oleh seseorang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai menggunakan jabatan untuk kepentingan yang tidak baik, karena akan merugikan perusahaan. Contoh : Gubernur menyalahgunakan jabatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.
D.    Melanggar Tata Tertib Perusahaan
Sebagai pekerja sebaiknya kita mentaati segala peraturan tata tertib dari perusahaan, agar perusahaan berjalan dengan lancar. Jika pekerja melanggar tata tertib perusahaan maka akan merugikan dirinya sendiri. Contoh merokok di lingkungan kantor.
E.     Tidak Memperhatikan Keselamatan Kerja
Sebagai pekerja sebaiknya memperhatikan keselamatan kerja untuk memberikan keamanan kepada pekerja pada saat mereka melakukan pekerjaannya. Pekerja yang tidak memperhatikan keselamatan kerja akan dapat membahayakan keselamatan dia pada saat bekerja. Contoh : Tidak memakai helm keselamatan
    3.      Jelaskan pentingnya memahami etika profesi untuk Sarjana Teknik Industri!
Etika profesi sangat penting untuk sarjana teknik industri karena untuk lebih menghayati dalam operasionalisasi sesuai bidang masing-masing, dan sadar sepenuhnya akan tanggung jawab sebagai warga negara maupun sebagai sarjana, akan panggilan pertumbuhan dan pengembangan pembangunan di Indonesia maka sarjana teknik industri dan manajemen industri bersepakat untuk lebih mempertinggi pengabdian kepada Bangsa, Negara dan Masyarakat.

     4.      Jelaskan dan uraikan organisasi profesi yang relevan untuk Prodi Teknik Industri selain PII!
A.    BKSTI (Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia)
BKSTI sebagai forum kerjasama antar penyelenggara pendidikan tinggi teknik industri se Indonesia. Tujuan dan Hasil yang diperoleh dari acara tersebut diantaranya adalah sebagai wadah bagi pemangku kepentingan penyelenggara pendidikan tinggi Teknik Industri dalam mendukung komunikasi dan perumusan ide-ide inovatif, kreatif dan bernilai tambah, sebagai wadah bagi peneliti dan praktisi teknik industri dalam berbagi pengetahuan, penelitian, dan pengalaman,
B.     Ikatan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri (ISTMI)
ISTMI sebagai organisasi profesi dari disiplin Ilmu Teknik Industri (TI) dan Manajemen Industri (MI) di Indonesia lahir pada tanggal 22 Nopember 1986 di Jakarta. Kelahiran organisasi ini didasari atas pertimbangan bahwa profesi TI dan MI telah diterima di kalangan yang sangat luas sejak masuknya disiplin sekitar 16 tahun sebelumnya. Keberadaannya sudah menembus batas-batas konvensional keteknikan atau keindustrian.
C.     IIE (Institute of Industrial and System Engineering)
Institute of Industrial Engineers (IIE) adalah lembaga profesional yang berdedikasi semata-mata untuk mendukung profesi teknik industri dan individu yang terlibat dengan meningkatkan kualitas dan produktivitas.

Sumber : furuhitho.staff.gunadarma.ac.id 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 KEBUDAYAAN KHAS DAERAH INDRAMAYU

pengertian generasi dan regenerasi

pengantar ilmu budaya dasar